Sensus penduduk 2020 Lanjutan mulai tanggal 15 Mei sampai dengan 30 Juni 2022, Terima Kedatangan Petugas Sensus Penduduk 2020 LF

Artikel

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2022

21 Februari 2022 01:05:10  Kadek Indah Novianti  123 Kali Dibaca  Berita Desa

Bangbang, 21 Februari 2022. Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari tiap tahunnya. HPSN mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, yakni dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan kontribusi seluruh komponen masyarakat. 

Dengan mengambil tema “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”, HPSN 2022 diharapkan menjadi platform untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan dampak perubahan iklim yang timbul dari sektor sampah di tingkat paling tapak.

Banyak yang menyatakan diri peduli terhadap lingkungan, namun tidak berusaha mengubah gaya hidup terutama dalam hal mengurangi sampah. Solusi sederhana berikut dapat dilakukan sebagai upaya menanggulangi permasalahan sampah di lingkungan kita :

  1. Membiasakan diri tidak menggunakan produk sekali pakai. Misalnya berbelanja dengan membawa tas belanja, tempat minum, sedotan atau wadah sendiri.
  2. Mengumpulkan minimal 3 sampah setiap beraktivitas; baik sedang berlibur ataupun berolah raga di luar rumah. Gerakan ini sempat populer di kalangan aktivis lingkungan dengan berbagai macam istilah ‘2minutesbeachcleanup’, ‘take only 3’, serta ‘plogging’. Dengan membiasakan diri sendiri, diharapkan gerakan ini akan memotivasi orang-orang di lingkungan kita jadi ikut mengurangi sampah dengan cara-cara tersebut.
  3. Memilah sampah mejadi sampah organik (cangkang telur, sisa makanan); daur ulang (kardus, botol plastik, kaleng, logam, besi); residu (popok, pembalut, sachet, rokok), dan B3 (masker, jarum suntik, bungkus obat) sebelum membuang. Tujuannya supaya mudah untuk diproses selanjutnya (dibuang/dimanfaatkan) dan tidak membahayakan bagi petugas yang mengumpulkan sampah-sampah tersebut.

Diharapkan seluruh masyarakat sadar akan bahaya sampah yang setiap tahunnya selalu bertambah. Mari ikut serta dalam mendukung arahan pemerintah untuk memilah sampah rumah tangga.

Protokol kesehatan Covid-19 jangan sampai dilupakan atau diabaikan demi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

PPS Bangbang

PPS DESA BANGBANG

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SDGs Desa SiIKSnG

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:462
    Kemarin:1.017
    Total Pengunjung:201.264
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.201.99.222
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

WA Layanan Desa

Hubungi Kami

Hubungi Kami